Keterangan dalil hukum Berdoa dalam sholat


................
Transliterasi dari bahasa sunda ke bahasa Indonesia
________
Pertanyaan :
@jawara thea :
Assalamualaikum,
Bolehkah setelah IMAM membaca WALADLDLOOLLIIN,
Imam membaca ROBBANAGHFIR LANA (dengan NA mutakallim ma'al ghoir) mengganti LI (mutakallim wahdah) ?
Jawaban : 
@Ugo
Wa'alaikumussalam Warohmatullah Wabarokatuh, 
Jib jib Ajib...
Terkait pertanyaan diatas,
bahwa Talaffudz (melafadzkan) "Robbighfirli" Qobla Ta'min (membaca Aamiin) adalah bacaan Doa, Maka baiknya kita mengulas dahulu hukum berdoa di dalam Sholat.
Alhafidz Almuhaddits Al-imam Albukhori dalam Sohihnya (Shahih al-Bukhari) juz 3, halaman 277, Beliau meriwayatkan :
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ نُعَيْمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْمُجْمِرِ عَنْ عَلِيِّ بْنِ يَحْيَى بْنِ خَلَّادٍ الزُّرَقِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ الزُّرَقِيِّ قَالَ :
كُنَّا يَوْمًا نُصَلِّي وَرَاءَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَلَمَّا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرَّكْعَةِ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ,
قَالَ رَجُلٌ وَرَاءَهُ : ( رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيه ) ِ 
فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ : مَنْ الْمُتَكَلِّمُ  ؟ 
قَال : َ أَنَا 
قَال : َ رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلَاثِينَ مَلَكًا يَبْتَدِرُونَهَا أَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا أَوَّلُ 
– صحيح البخاري, ج:۳ ,ص:۲٧٧ –
“Telah ber-tahdits (menyampaikan keterangan hadits) kepada kita semua Abdullah bin Maslamah, dari Malik, dari Nu’aim bin Abdillah al-Mujmir, dari Yahya bin Khallad az-Zuraqi, dari ayahnya, dari Rifa’ah bin Rafi’ az-Zuraqi, beliau berkata:
Pada suatu hari kami menegakkan sholat di belakang Nabi (Muhammad) Shollallaahu ‘alaihi wa sallam,
pada saat beliau Shollallaahu ‘alaihi wa sallam bangun dari ruku’ beliau mengucapkan :
سمع الله لمن حمده 
Kemudian ada seorang laki-laki (Ma'mum) di belakang Baginda Shollallaahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan : 
ربنا ولك الحمد حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه
Maka setelah selesai sholat, Nabi Shollallaahu ‘alaihi wa sallam bertanya:  "Siapa yang mengucapkan kalimat tadi?"  
Lelaki tersebut menjawab:
"Saya" 
Baginda Shollallaahu ‘alaihi wa sallam berkata:
"Sungguh aku melihat 30 malaikat saling berebutan untuk menuliskan pahalanya" 
(HR. Bukhori)
Perhatikan Riwayat diatas, hal tersebut terjadi di dalam sholat, Sohabat ber-talaffudz doa ketika sholat sedang ditegakkan / berlangsung.
Sebagaimana hal ini di-syarah-i oleh Al-Imam Alhafidz ibn Hajar al-Asqalani menjelaskan dalam Karya Ilmiahnya Fathul Baari, Juz 3 halaman 188,
وَالْحِكْمَة فِي سُؤَاله صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَهُ عَمَّنْ قَالَ أَنْ يَتَعَلَّم السَّامِعُونَ كَلَامه فَيَقُولُوا مِثْله . وَاسْتُدِلَّ بِهِ عَلَى جَوَاز إِحْدَاث ذِكْر فِي الصَّلَاة غَيْر مَأْثُور إِذَا كَانَ غَيْر مُخَالِف لِلْمَأْثُورِ
Hikmah dari pertanyaan Rasulullah Shollallaahu ‘alaihi wa sallam kepada sahabatnya yg ber-talaffudz doa ba'darrok'ah :
ربنا ولك الحمد حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه
Rosulullah Shollallaahu alaihi wasallam bertanya,
“Siapa yang mengucapkan kalimat tadi?”
Bertujuan mengajarkan kepada orang-orang yang mendengar kalimat tersebut agar mereka mengucapkan kalimat yang semisalnya. Dan hal ini menunjukkan diperbolehkannya membaca dzikir di dalam sholat dengan dzikir yang tidak ma’tsur (tidak dicontohkan langsung oleh Nabi Shollallaahu ‘alaihi wa sallam), selama bacaan dzikir tersebut tidak menyalahi yang ma’tsur.
Alhafidz Almuhaddits Al-Imam Muslim dalam Shohihnya (Shohih muslim)
juz II halaman 134, hadits nomor 1572, Beliau meriwayatkan:
ﺣَﺪَّﺛَﻨِﻰ ﺃَﺑُﻮ ﺍﻟﻄَّﺎﻫِﺮِ ﻭَﺣَﺮْﻣَﻞَﺓُ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﻗَﺎﻻَ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻥَﺍ ﺍﺑْﻦُ ﻭَﻫْﺐٍ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻥِﻯ ﻳُﻮﻧُﺲُ ﺑْﻦُ ﻳَﺰِﻳﺪَ ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﺷِﻬَﺎﺏٍ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻥِﻯ ﺳَﻌِﻴﺪُ ﺑْﻦُ المسيب ﻭَﺃَﺑُﻮ ﺳَﻠَﻤَﺔَ ﺑْﻦُ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦِ ﻋَﻮْﻑٍ ﺃَﻧَّﻬُﻤَﺎ ﺳَﻤِﻌَﺎ ﺃَﺑَﺎ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﻳَﻘُﻮﻝُ  :
ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺣِﻴﻦَ ﻳَﻔْﺮُﻍُ ﻣِﻦْ ﺻَﻼَﺓِ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺀَﺓِ ﻭَﻳُﻜَﺒِّﺮُ ﻭَﻳَﺮْﻓَﻊُ ﺭَﺃْﺳَﻪُ
( ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟِﻤَﻦْ ﺣَﻤِﺪَﻩُ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﻟَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ )
ﺛُﻢَّ ﻳَﻘُﻮﻝ : ُ ( ﻭَﻫُﻮَ ﻗَﺎﺋِﻢٌ )
( ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺞِ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴﺪَ ﺑْﻦَ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴﺪِ ﻭَﺳَﻠَﻤَﺔَ ﺑْﻦَ ﻫِﺸَﺎﻡٍ ﻭَﻋَﻴَّﺎﺵَ ﺑْﻦَ ﺃَﺑِﻰ ﺭَﺑِﻴﻌَﺔَ ) .........
Bahwa Baginda Rosulullah Shollallaahu alaihi wasallam pada Sholat Fajar (Subuh) selepas Ruku' bertakbir dan mengangkat Kepalanya dengan membaca :
ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟِﻤَﻦْ ﺣَﻤِﺪَﻩُ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﻟَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ 
Kemudian melanjutkan berdoa (masih berdiri) :
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﻧْﺞِ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴﺪَ ﺑْﻦَ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴﺪِ ﻭَﺳَﻠَﻤَﺔَ ﺑْﻦَ ﻫِﺸَﺎﻡٍ ﻭَﻋَﻴَّﺎﺵَ ﺑْﻦَ ﺃَﺑِﻰ ﺭَﺑِﻴﻌَﺔ
"Ya Allah, Bahagiakanlah Al-Waliid bin Al-Walid, Salamah bin Hisyam, dan 'Ayyasy bin Abi Robi'ah......."
Riwayat ini di-syarah-i (dijelaskan) oleh Alhafidz Almuhaddits Muhammad bin Syarifuddin Annawawi (Imam Nawawi) dengan perkataan beliau :
ﻭﻓﻴﻪ ﺟﻮﺍﺯ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻹﻧﺴﺎﻥ ﻣﻌﻴﻦ ﻭﻏﻴﺮ ﻣﻌﻴﻦ
Bahwa padanya terdapat ke-jaiz-an (boleh) membaca doa (di dalam sholat) untuk manusia,  baik MU'AYYAN / ditentukan (disebut namanya) ataupun GHOIR MU'AYYAN / tidak ditentukan (disebut namanya).
Contoh seperti lafadz HUM ALMUSLIMUN secara umum dengan dlomir ghoib jama' , atau diarahkan secara WAHDAH kepada Mutakallim, atau secara kelompok (MA'AL GHOIR) untuk mewakili.
Pembahasan menjadi semakin Ajib dan Gurih, karena pernyataan Imam Ahmad bin Hambal (Imam Hambali sebagai Nisbat Madzhab Hanabilah)
ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ : ﻣﺎ ﺻﻠﻴﺖ ﺻﻼﺓ ﻣﻨﺬ ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺳﻨﺔ ﺇﻻ ﻭﺃﻧﺎ ﺃﺩﻋﻮ ﻟﻠﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ
Beliau (Imam Ahmad) berkata :
"Tidaklah Aku menegakkan Sholat selama 40 tahun berlalu, kecuali Aku selalu berdoa (di dalam sholat) untuk Al-Imam Asy-Syafi’i RA.
Sebagaimana di dalam Al-Majmu' pun dijelaskan pula Coy, mengenai bolehnya berdoa secara takhsis mu'ayyan (menyebutkan nama) atau tidak (yaitu secara umum) yang tentunya dengan tartib tarkib gramatika, baik ghoib ifrod, ghoib jama, atau dzohir mutakallim (YA' WAHDAH atau NAA MUTAKALLIM)
ﻓﺮﻉ : ﻗﺪ ﺳﺒﻖ فيما ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﺑﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻣﺬﻫﺒﻨﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺪﻋﻮ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﻜﻞ ﻣﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﺑﻪ ﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻣﻦ ﺃﻣﻮﺭ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ،
Contoh seperti doa :
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺧﻠﺺ ﻓﻼﻧﺎً ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺠﻦ ﻭﺃﻫﻠﻚ ﻓﻼﻧﺎً ﻭﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ . ﻭﻻ ﻳﺒﻄﻞ ﺻﻼﺗﻪ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻋﻨﺪﻧﺎ ،

Dan hal tersebut tdk membatalkan Sholat,
dengan catatan meniatkan dzikir doa.
Lalu bagaimana dengan Sunnah Ta'min (membaca Aamiin) setelah mengakhiri 7 ayat Surat Alfatihah, yang termaktub Sunnah pula membca doa diantaranya,
sehingga tdk tersambung langsung antara Haraf/huruf Nun Akhir Alfatihah dengan lafadz Aamiin?
Ya, disunnahkan karena memang Nabi melarang berhimpitnya Haraf/huruf Nun Akhir Alfatihah dengan lafadz Aamiin, sebagaimana dijelaskan dalam SYARAH MUROQIL 'UBUDIYAH halaman 48, oleh Syekh Muhammad Nawawi bin Umar Aljawi Albantani RA.
Selanjutnya termaktub di dalam Kitab I'anatut-Tholibin juz I halaman 147, mengenai teknis (cara/kaifiyat) dan redaksi (talaffudz alfadz) nya.
(قوله: ويسن تأمين) أي لقارئها في الصلاة وخارجها.
واختص بالفاتحة لشرفها واشتمالها على دعاء فناسب أن يسأل الله إجابته.
(قوله: والمد) أي أو القصر.
وحكي التشديد مع القصر أو المد، ومعناها حينئذ: قاصدين.
فتبطل الصلاة ما لم يرد قاصدين إليك وأنت أكرم من أن تخيب من قصدك، فلا تبطل، لتضمنه الدعاء.
ولو لم يقصد شيئا أصلا بطلت، كما صرح به في التحفة.
(قوله: وحسن زيادة رب العالمين) أي بعد آمين لقارئها أيضا.
وعبارة الروض: ويستحب لقارئها أن يقول آمين، وحسن أن يزيد رب العالمين.
(قوله: عقبها) ظرف متعلق بتأمين.
(قوله: ولو خارج الصلاة) غاية لقوله: ويسن تأمين.
قوله: بعد سكتة لطيفة أي بقدر سبحان الله، وهو متعلق بتأمين أيضا.
ولا يقال إن بين قوله: عقبها، وقوله: بعد سكتة لطيفة، تنافيا ظاهرا، لانا نقول: المراد بالعقب أن لا يتخلل بينهما لفظ غير: رب اغفر لي.
ويقال: إن تعقيب كل شئ بحسبه، كما في م ر.
واشتراط عدم تخلل اللفظ لا ينافي سن تخلل السكتة المذكورة.
(قوله: ما لم يتلفظ بشئ) ما مصدرية لفظية متعلقة بتأمين، أي يسن تأمين مدة عدم تلفظه بشئ، وهذا هو معنى قوله عقبها بناء على المراد السابق.
فلو اقتصر أحدهما لكان أولى. 
(قولـه: سوى رب اغفر لي) أي أنه يستثنى من التلفظ بشيء التلفظ برب اغفر لي، فإنه لا يضر الحسن
: أنه قال عقب {ولا الضالين} : رب اغفر لي
وقال ع ش: وينبغي أنه لو زاد على ذلك : ولوالديّ ولجميع المسلمين. لم يضر أيضاً. اهـ.
وانظر هل الذي يقول ما ذكر القارىء فقط؟
أو كل من القارىء والسامع؟
والذي يظهر لي الأول، بدليل قولـه في الحديث المار قال عقب: {ولا الضالين} أي قال عقب قراءته {ولا الضالين} ، فليراجع.
Pada Cuplikan deskripsi kutubi di atas, jelas bahwa doa yang dibaca adalah:
رب اغفرلي
Dan boleh disambung dengan :
رب العالمين
menjadi bacaan berikut :
رب اغفر لي رب العالمين
Atau dengan ditambah lagi dengan :
رب اغفر لي ولوالدي
Dan dianjurkan pula dibaca oleh imam tidak secara wahdah saja melainkan  melibatkan keberadaan mjslimun lainnya dalam doa, dgn lafadz :
رب اغفر لي ولوالدي ولجميع المسلمين
Sehingga apabila merujuk pada keterangan-keterangan di atas, boleh (tdk merusak sholat) bila Imam hendak membaca ROBBIGHFIR dengan LANA mutakallim ma'al ghoir, bukan dengan LI mutakallim wahdah.
Mana Yang dipilih?
Merujuk pada Fathul Mu'iin & sekaligus tafsilinya dari I'anatutthoolibin,  bahwa dengan :
رب اغفر لي ولوالدي ولجميع المسلمين
adalah cukup tanpa harus mengganti dengan NAA mutakallim ma'al ghoir, karena barisan Ma'mum di belakang imam telah ter-majmu' oleh
ولجميع المسلمين
Original Quotes by UGO / KH-3D-CS
https://www.facebook.com/groups/tridi.cintanabi/
0 Komentar untuk " Keterangan dalil hukum Berdoa dalam sholat"

 
Copyright © 2014 Fantastic - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info