Kewajiban terhadap Al Quran



Setiap muslim memiliki kewajiban dan konsekuensi terhadap kitab sucinya, yang antara lain :

1. Membaca Al Quran
Menbaca Al Quran merupakan salah satu tanda keimanan, menjadi pembeda antara orang muslim dengan orang kafir. Allah berfirman :
"Dan apabila kamu membaca Al Quran niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akherat, suatu dinding yang tertutup."(QS. Al Isra' : 45)
Kita tidak perlu takut untuk membaca Al Quran walaupun bacaan kita belum lancar. Semuanya pasti akan mendapat balasan yang adil oleh Allah SWT.

Di bulan Ramadhan, rasulullah SAW menuntunkan kepada umat Islam untuk bertadarus Al Quran, bukan sekedar bertilawah apalagi Quran.
Bagi kita umat Islam, apabila mendengar lantunan bacaan Al Quran berkewajiban untuk mendengarkan dengan tenang agat kita mendapat rahmat (QS. Al Araf : 204)

2. Menghafal bacaan Al Quran
Rasulullah bersabda : "Bacalah olehmu Al Quran, karena ia akan memberimu syafaatpada hari kiamat bagi para pembaca dan pengafalnya."(HR. Muslim)

3. Mengajarkan dan membenarkan Al Quran
Setelah mempelajari Al Quran, maka kewajiban selanjutnya adalah mengajarkan apa yang di dapatkanya dan menyebarkan kebenaran Al Quran ke seluruh pelosok negeri minimal di keluarga atau lingkungan sekitar supaya umat islam tidak buta huruf Al Quran (kitab mereka sendiri).

Nabi Muhammad SAW bersabda :
Dari Usman bin Affan ra, ia berkata, rasulullah bersabda , " Orang yang paling baik diantara kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkanya." (HR. Al Bukhari, Daud,  At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ad Darimi)

4. Memahami maknanya, mentadaburi dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak kaum muslim yang terjebak pada ibadah ritual sekedar membaca Al Quran saja. Mereka lupa bahwa fungsi utama Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan petunjuk itu harus digali untuk selanjutnya diamalkan. Banyak pula kaum muslim yang dekat dengan Al Quran, tetapi kedekatan itu baru sekedar kedekatan secara fisik (dekat dengan mushaf Al Quran). Akan tetapi jika kita mau mengukur moral, amal dan perilaku kita dengan petunjuk dan ajaran Al Quran, secara jujur harus diakui masih jauh dari Al Quran.

Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa barang siapa yang menjadikan Al Quran sebagai imam, maka ia membimbingnya ke surga. Namun siapa yang menjadikan Al Quran sebagai makmum, maka ia akan mendorongnya ke dalam neraka.


0 Komentar untuk "Kewajiban terhadap Al Quran"

 
Copyright © 2014 Fantastic - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info